Cara Mudah Mengatasi Vivo Y37 Lelet 100% Work

TIPSANDROID.ID – Ponsel android merupakan salah satu alat canggih yang banyak di gunakan oleh orang pada era ini. Hampir semua orang khusus nya para remaja pasti sudah memiliki ponsel android. Untuk negara kita sendiri yakni Indonesia , ponsel android sudah berkembang pesat. Tak hanya mereka yang remaja dan dewasa , kini sudah banyak anak – anak yang menggunakan ponsel android. Sebagai alat yang banyak di gunakan orang ternyata ponsel android juga memiliki banyak fungsi untuk pengguna nya. Fungsi ponsel android diantara nya ialah untuk mengakses internet , mengambil foto pada suatu objek, menonton video, mendengarkan musik, chattingan, video call, dan masih banyak lagi.

 

Bagi sobat para pengguna ponsel android , pasti sobat sudah tidak asing mendengar kata lelet atau lemot. Lelet atau lemot merupakan permasalah yang sering muncul pada ponsel android. Biasanya lelet atau lemot terjadi pada ponsel android yang memiliki spesifikasi yang rendah seperti kapasitas ram yang kecil. Jika sebuah ponsel android sudah mengalami lelet atau lemot , maka setiap perintah yang di jalankan nya akan terasa lambat. Seperti misalnya saat ingin menjalankan aplikasi akan terasa patah – patah. Inilah yang di sebut permasalahan lelet atau lemot pada android. Seperti judul topik artikel kita di atas , kali ini kami akan membagikan Cara Mudah Mengatasi Vivo Y37 Lelet 100% Work. Bagi sobat pengguna android Vivo Y37 yang mengalami lelet atau lemot. Sobat dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan cara yang kami berikan di bawah ini.

 

Cara Mudah Mengatasi Vivo Y37 Lelet 100% Work

#1. Hapus Sebagian File/Data Tidak Penting Pada Memori Internal Android

 

Salah satu penyebab utama ponsel android menjadi lelet atau lemot ialah penuhnya ruang penyimpanan pada ponsel android. Biasanya setiap ponsel android yang sudah penuh ruang penyimpanannya akan di munculkan pesan notifikasi di status bar “Ruang Penyimpanan Android Telah Penuh”. Seperti sudah kami sebutkan tadi , jika ponsel android sudah mengalami ruang penyimpanan penuh maka ponsel android akan terjadi lelet atau lemot. Jadi untuk mengatasi ponsel android lelet atau lemot , sobat dapat menghapus sebagian data file di memori internal untuk mengatasi penuhnya ruang penyimpanan pada android.

 

#2. Memberhentikan Aplikasi Yang Sedang Berjalan di Latar Belakang System Android

 

Ram merupakan salah satu bagian terpenting dalam sistem android. Setiap tindakan atau proses dalam android pasti harus memerlukan ram. Ram juga kita gunakan ketika kita sedang menjalankan aplikasi di android. Semakin banyak aplikasi yang kita jalankan dan berjalan di latar belakang System android. Maka akan semakin besar penggunaan ram pada ponsel android yang kita gunakan. Salah satu penyebab ponsel android menjadi lelet atau lemot ialah memori ram telah penuh. Maka salah satu cara untuk mengatasi memori ram penuh ialah dengan memberhentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang system android. Untuk memberhentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang android. Sobat bisa memberhentikannya langsung lewat cara default yakni pergi ke Pengaturan > Aplikasi Berjalan atau menggunakan aplikasi pembantu yakni CleanMaster.

 

#3. Hapus Virus Pada Ponsel Android

 

Sama seperti di komputer atau pc. Virus juga dapat kita temukan pada sistem operasi android. Biasanya virus akan masuk ke ponsel android ketika kita sedang melakukan browsingan di internet atau ketika meng-install file apk aplikasi yang tidak resmi. Ketika ponsel android terjaring virus , maka tak heran jika ponsel android mengalami lelet atau lemot. Jadi hampir sama seperti di komputer/pc. Untuk mengatasi nya kita dapat menghapus virus tersebut dengan bantuan aplikasi antivirus. Ada banyak aplikasi anti virus yang dapat sobat gunakan untuk melindungi ponsel android dari virus. Diantara aplikasi anti virus tersebut yakni AVG Android Antivirus, Avast Mobile Security, 360 Security, CMsecurity, dan aplikasi antivirus lainnya.

 

#4. Kurangi Penggunaan Widget Pada Android

 

Ini juga salah satu penyebab ponsel android menjadi lelet atau lemot. Banyaknya widget yang terpasang pada ponsel android baik itu widget jam, cuaca, battery level, atau widget lainnya. Apa lagi untuk ponsel android yang memiliki spek ram kecil. Sangat sering mengalami lelet ketika banyak memasang widget. Jadi salah satu cara untuk mengatasi lelet atau lemot pada ponsel android. Sobat juga dapat menghapus beberapa widget yang tidak begitu penting pada ponsel android tersebut. Karena sudah kami sampaikan tadi , semakin banyak widget yang terinstall di ponsel android maka akan membuat ponsel android semakin lelet.

 

#5. Hapus/Un-Install Aplikasi Yang Tak Berguna di Android

 

Semakin banyak sobat meng-install aplikasi pada ponsel android. Maka akan semakin banyak memakan ruang penyimpanan pada ponsel android. Setiap aplikasi pasti memiliki tempat akses penyimpanan nya masing – masing. Baik di penyimpanan internal maupun eksternal, Tapi pada dasarnya tempat penyimpanan setiap aplikasi android itu berada di penyimpanan internal. Ketika ruang penyimpanan internal android telah penuh , maka ponsel android akan memunculkan pesan notifikasi “Ruang Penyimpanan Android Telah Penuh”. Dan biasanya setelah muncul notifikasi tersebut , ponsel android akan terasa lelet atau lemot. Berbeda dengan biasanya , jika biasanya ponsel android lancar jaya dan tidak lelet. Tapi ketika muncul pesan notifikasi tersebut, ponsel android akan terasa lebih lelet. Maka tindakan untuk mengatasi ruang penyimpanan android penuh sekaligus mengatasi ponsel android yang lelet tersebut. Sobat dapat menghapus atau Un-Install sebagian aplikasi yang tidak begitu penting di ponsel android.

 

#6. Hapus Data Cache Yang Menumpuk di Android

 

Cache adalah file yang dibuat secara otomatis. Fungsi cache itu sendiri yakni untuk menyimpan data sementara dari segala aktivitas baik itu browsingan, bermain game, atau membuka aplikasi. Ada nya cache akan meningkatkan kecepatan loading aplikasi yang sering di buka. Tapi perlu sobat ketahui juga bahwa semakin banyak data cache yang menumpuk di android. Maka akan membuat ponsel android semakin lelet atau lemot. Jadi untuk mengatasi permasalahan lelet atau lemot pada ponsel android. Sobat bisa menghapus semua data cache pada ponsel android. Sobat bisa menghapus nya secara manual dari Pengaturan > Aplikasi > Pilih Aplikasinya > Hapus Cache. Atau untuk lebih mudah , sobat juga dapat menghapusnya menggunakan bantuan aplikasi CleanMaster.

#7. Melakukan Factory Data Reset via Recovery Android

 

Factory data reset merupakan salah satu fitur yang ada pada semua ponsel android. Factory data reset juga sering di sebut mengembalikan pengaturan sistem android ke bawaan pabrik. Setelah berhasil melakukan factory reset maka seluruh data yang tidak bawaan pabrik akan terhapus semua. Sebab seperti sudah kami sebutkan tadi fungsi fitur factory data reset ini yakni untuk mengembalikan pengaturan dan sistem android ke bawaan pabrik. Dengan melakukan factory data reset ini, sobat juga dapat mengatasi lelet atau lemot. Jadi jika ponsel android sobat sangat lelet atau lemot. Maka sobat bisa melakukan factory data reset , caranya bisa melalui recovery android ataupun Pengaturan > Factory Reset.

 

#8. Memasang Custom Rom Pada Android

 

Cara kali ini wajib untuk ponsel android yang sudah di root. Jika ponsel android sobat belum di root , maka sobat tidak dapat menginstall custom rom pada ponsel android. Sebab untuk dapat menginstall custom rom android harus melalui fitur custom recovery baik cwm atau twrp. Dengan melakukan custom rom android , sobat juga dapat mengatasi lelet. Sebab sobat juga mengganti seluruh rom yang lelet pada sebelumnya. Jadi hampir sama juga seperti flash ulang. Akan tetapi yang berbeda ada pada tampilannya , sebab ponsel android tadi sudah menggunakan rom baru. Untuk melakukan custom rom , bisa sobat cari di internet dengan kata kunci “Cara Memasang Custom Rom (type ponsel android)”.

 

#9. Melakukan Flash Ulang Firmware Pada Android

 

Jika dengan melakukan factory reset tidak berhasil membuat ponsel android menjadi tidak lelet atau lemot. Maka untuk cara yang terakhir sobat bisa melakukan flash ulang firmware ponsel android tersebut. Kami sarankan melakukan flashing nya melalui komputer saja. Dan perlu sobat ketahui setiap ponsel android mempunyai cara yang berbeda – beda untuk flash ulang. Untuk dapat melakukan flash ulang sangat di perlukan file firmware sesuai ponsel android tersebut. Tidak semua file firmware ponsel android itu sama. Meskipun merk dan type sama , bisa saja file firmware nya berbeda. Maka sebelum melakukan flashing, pastikan sobat membaca panduan cara yang benar. Atau jika takut gagal dan membuat ponsel android menjadi lebih parah lagi. Sobat juga dapat membawakan ponsel android sobat tersebut ke Service ponsel android. Dan minta untuk di flash ulang atau juga sering di sebut install ulang system.

 

Demikian postingan Tipsandroid.ID kali ini mengenai “Cara Mudah Mengatasi Vivo Y37 Lelet 100% Work“. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua khususnya pengguna smartphone android. Jika sobat ingin membagikan postingan ini berarti sobat telah membalas jerih payah kami membuat artikel ini. Silahkan Share di sosial media jika bermanfaat atau sobat bisa membaca artikel kami lainnya tentang Aplikasi Penghasil Dollar Terbaik Untuk Android

Tipsandroid.ID adalah sebuah situs website yang membahas seputar android. Disini sobat dapat menemukan berbagai tips menarik seputar android. Bagi sobat yang serius ingin menjadi penulis di tipsandroid.id silahkan kontak kami.