Cara Mengatasi Lenovo A316i Lupa Pola, PIN, Sandi

Tipsandroid.ID – Untuk melindungi ponsel android dari penggunaan orang lain kita dapat memasang penguncian layar. Pengunci layar pada ponsel android sendiri ada banyak. Dari mulai penguncian menggunakan pola, sandi, pin, sampai yang kita ketahui saat ini fingerprint (sidik jari). Fungsi utama penguncian layar tersebut tidak lebih agar ponsel android tidak sembarang dapat di gunakan oleh orang lain. Hanya pengguna atau pemilik ponsel android itu sendiri yang dapat menggunakannya. Sehingga rahasia pribadi pada ponsel android tersebut tidak dapat di ketahui oleh orang lain. Karena kita sadari sebagai pengguna ponsel android, Banyak sekali data penting kita yang ada pada ponsel android milik kita. Jadi sangat di anjur kan sekali bagi kita pengguna ponsel android untuk memasang penguncian layar pada ponsel android milik kita.

 

Membicarakan seputar penguncian layar pada ponsel android. Kadang tak luput sering kita alami lupa penguncian tersebut. Maksud kami disini kita lupa cara membuka kunci penguncian layar tersebut. Misalnya sobat memasang penguncian layar menggunakan pin , kemudian sobat lupa pin yang digunakan untuk membuka ponsel android tersebut. Jika hal ini terjadi maka ponsel android milik sobat tidak dapat di gunakan kembali. Maksud kami tidak dapat di gunakan sementara. Dan biasanya jika sobat mengalami kasus seperti ini , sobat akan segera langsung membawakan ponsel android milik sobat ke jasa Service Ponsel. Karena kebanyakan jasa service ponsel dapat membuka atau membobol penguncian layar ponsel android tersebut.

 

Kembali ke topik utama kita yang akan membahas Cara Mengatasi Lenovo A316i Lupa Pola, PIN, Sandi. Bagi sobat yang lupa akan pola,sandi, atau pin pada ponsel android Lenovo A316i maka sangat beruntung sekali sobat berada disini. Sebab disini kami akan memberikan Cara Mengatasi Lenovo A316i Lupa Pola, PIN, Sandi. Di bandingkan sobat harus membawakannya ke jasa Service Ponsel dan harus membayar. Mending sobat kreatif untuk mengatasinya sendiri , dengan melakukan beberapa metode di bawah ini mungkin sobat dapat mengatasi ponsel android Lenovo A316i yang terkunci layar nya tersebut.

 

Cara Mengatasi Lenovo A316i Lupa Pola, PIN, Sandi

 

 

Cara Pertama : Melakukan Reset Ulang via Google Email

 

 

Untuk cara yang pertama ini pastikan bahwa sobat sudah ingat akun email dan password yang tertanam pada ponsel android tersebut. Tapi ini berlaku untuk ponsel android yang terdapat akun email di dalamnya. Jika ternyata ponsel android sobat belum terlogin akun email maka sobat tinggal reset saja. Sebab jika ada akun email di dalamnya , sobat tidak dapat melakukan reset ulang ataupun flash ulang. Nanti sobat akan di minta masukan alamat akun email dan password yang sudah tertanam sebelumnya. Ini lah yang sering di sebut FRG Lock. Seperti sudah kami sampaikan tadi, jika sobat ingat alamat email dan password nya maka tak masalah. Sobat dapat mereset nya dengan cara di bawah ini. Terus bagaimana jika sobat tidak ingat alamat email dan password nya ? Tenang sobat juga dapat melakukan cara kedua yang kami bagikan di bawah ini.

 

Note : Cara ini hanya berlaku jika ponsel android sobat tidak terlogin akun email di dalamnya. Jika pun terlogin sobat wajib ingat alamat email dan password yang sudah tertanam sebelumnya.

 

1. Pastikan ponsel android sudah terhubung ke internet baik itu via hotspot wifi ataupun data seluler. Jika belum sobat dapat melakukan panggilan darurat dan mengaktifkannya terlebih dahulu. Untuk caranya sudah kami berikan di bawah.

 

2. Setelah ponsel android sudah terhubung ke internet lalu tekan atau Tap “Forgot Password”

 

3. Isikan Username dan password (email google yang tertanam pada ponsel android tersebut)

 

4. Jika email dan password benar dan berhasil masuk. Maka sobat sudah dapat langsung mereset nya dengan cara masuk terlebih dahulu ke situs google.com/accounts/recovery melalui perangkat komputer. Lalu tinggal di reset ponsel android yang terkunci tersebut.

 

Cara Kedua : Lewat Call Emergency atau Panggilan Darurat

 

 

Note : Wajib ada pulsa di dalam kartu sim yang terpasang pada ponsel android. Jika tidak ada pulsa sobat juga dapat menyuruh teman sobat untuk menelpon pada nomor yang ada pada ponsel android terkunci milik sobat tersebut.

 

1. Pinjam telepon seluler milik teman sobat. Dan coba telpon ke nomor ponsel android terkunci milik sobat tersebut.

 

2. Setelah sudah panggilan sudah masuk. Kemudian angkat dan biarkan , langsung sobat tekan tombol “Home” kemudian buka “Pengaturan” atau “Setting”.

Aktifkan data seluler atau jaringan WiFi. Intinya agar ponsel android dapat terhubung ke internet. Jika sudah silahkan sobat lakukan cara yang ada di atas dengan reset ulang via email google.

 

Cara Ketiga : Dengan Melakukan Factory Reset/Wipe Data

 

 

Kekurangan cara ketiga ini di bandingkan cara kesatu dan dua tadi ialah data pada ponsel android akan terhapus semua. Ya jika itu tak masalah buat sobat , maka sobat dapat langsung melakukan factory reset/Wipe data. Berikut ini dia caranya.

 

1. Silahkan masuk ke menu recovery mode. Gunakan kombinasi tombol di bawah ini untuk masuk ke recovery mode secara default.

 

– Tekan dan Tahan Tombol Power + Volume Up Secara Bersamaan
– Tekan dan Tahan Tombol Power + Volume Down Secara Bersamaan
– Tekan dan Tahan Tombol Power + Volume Up + Volume Down Secara Bersamaan
– Tekan dan Tahan Tombol Power + Home + Volume Up Secara Bersamaan
– Tekan dan Tahan Tombol Power + Home + Volume Down Secara Bersamaan
– Tekan dan Tahan Tombol Power + Home + Volume Up + Volume Down Secara Bersamaan

 

2. Setelah menu recovery mode muncul kemudian pilih Wipe data/factory reset

 

3. Selanjutnya pilih Delete all user data —> Reboot System

 

4. Tunggu sebentar maka ponsel android akan reboot. Disinilah proses yang agak lumayan lama. Jadi sobat harus bersabar.

 

5. Setelah berhasil booting , maka ponsel android akan hidup dan tampak seperti baru. Sebab semua data dan aplikasi akan seperti baru di beli atau bawaan pabrik ponsel android tersebut. Oiya untuk ponsel android versi 5.1 keatas biasanya akan meminta akun google sebelumnya setelah berhasil factory reset. Jadi sobat juga harus ingat akun google sebelumnya, jika memang sobat tidak ingat akun google sebelumnya. Maka sobat bisa mengatasi nya dengan melakukan bypass frp lock, silahkan cari di google dengan kata kunci “cara bypass akun google/frp lock ponsel android”

 

Itu lah 3 Cara Mengatasi Lenovo A316i Lupa Pola, PIN, Sandi. Untuk cara nomor tiga agar lebih fresh nya lagi , sobat juga dapat langsung melakukan flashing/install ulang. Setiap ponsel android memiliki firmware dan cara berbeda – beda untuk flash ulang. Jadi sobat dapat mencari caranya sendiri di google banyak kok 🙂

 

Demikian postingan Tipsandroid.ID kali ini mengenai “Cara Mengatasi Lenovo A316i Lupa Pola, PIN, Sandi“. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua khususnya pengguna smartphone android. Jika sobat ingin membagikan postingan ini berarti sobat telah membalas jerih payah kami membuat artikel ini. Silahkan Share di sosial media jika bermanfaat atau sobat bisa membaca artikel kami lainnya tentang Aplikasi Penghasil Dollar Terbaik Untuk Android

Tipsandroid.ID adalah sebuah situs website yang membahas seputar android. Disini sobat dapat menemukan berbagai tips menarik seputar android. Bagi sobat yang serius ingin menjadi penulis di tipsandroid.id silahkan kontak kami.