Cara Memindahkan Aplikasi di Android Lama ke Android Baru Tanpa Takut Kehilangan Data

TIPSANDROID.ID – Wah kita lihat judul di atas sangat panjang sekali ya. Jarang – jarang admin membuat judul sepanjang itu. Biasanya sih cuman 6-10 kata saja. Ini sudah mencapai 13 kata dan kalau di lihat dari search engine pasti tak akan terlihat semuanya. Tapi mau gimana lagi , admin rasa itu lah yang cocok untuk judul pembahasan kita kali ini. Yakni Bagaimana Caranya Memindahkan Aplikasi di Android Lama ke Android Baru Tanpa Takut Kehilangan Data.

 

Sebagai pengguna smartphone android , pernah kah sobat berniat untuk memindahkan aplikasi di android lama ke android baru. Pasti nya pernah bukan ?? Misal nya sobat baru saja membeli smartphone android baru. Karena smartphone android lama milik sobat tidak di gunakan lagi. Maka sobat mencoba berniat untuk memindahkan aplikasi dari android lama ke android baru.

 

Bagi sobat yang memang berniat ingin memindahkan aplikasi di android lama ke android baru. Berikut ini akan kami berikan cara memindahkan aplikasi+data dari android lama ke android baru. Dengan cara ini, sobat tidak perlu takut akan kehilangan data/history penting yang terdapat di aplikasi android lama milik sobat. Sebab dengan cara di bawah ini sobat juga membackup data nya. Sehingga data/history penting di aplikasi android lama tidak akan hilang ketika di buka di android baru.

 

Oke baik lah , dari pada berlama – lama lagi. Langsung saja kita bahas Cara Memindahkan Aplikasi di Android Lama ke Android Baru Tanpa Takut Kehilangan Data di bawah ini !!

 

Cara Memindahkan Aplikasi di Android Lama ke Android Baru Tanpa Takut Kehilangan Data

 

Langkah Pertama : Lakukan Pada Android Lama

 

1. Pertama pastikan sobat sudah mendownload aplikasi Helium – App Sync and Backup di smartphone android.

 

 

Download Aplikasi Helium – App Sync and Backup via Google Play Store

 

2. Setelah itu silahkan sobat aktifkan fitur aplikasi Helium – App Sync and Backup di android. Setiap android biasanya memiliki cara yang berbeda – beda untuk mengaktifkan fitur aplikasi Helium – App Sync and Backup. Ohiya di perlukan perangkat komputer juga untuk dapat mengaktifkan fitur aplikasi Helium – App Sync and Backup. Jika bingung bisa coba lihat di google caranya 🙂

 

3. Selanjutnya setelah aplikasi sudah siap di gunakan. Bukalah aplikasi tersebut

 

 

Silahkan Masuk ke Menu BACKUP

 

3. Sobat dapat memilih aplikasi yang ingin di backup. Caranya cukup centang saja

 

 

4. Jika sobat ingin membackup semua aplikasi di android lama. Maka sobat dapat memilih Select All

 

 

5. Selanjutnya Silahkan Centang Pada “App Data Only”

 

 

Lalu Pilih BACKUP

 

6. Terakhir silahkan pilih lokasi penyimpanan nya , ada beberapa lokasi penyimpanan yang bisa sobat pilih. Diantara nya seperti Memori Internal, Memori External, DropBox, Google Drive, dll. Kami beritahukan sobat jangan menyimpannya di memori internal. Sobat bisa menyimpannya di External SD Card atau di Google Drive

 

 

7. Silahkan tunggu hingga proses nya selesai. Jika sudah selesai , sekarang lakukan langkah no 2.

 

Langkah Kedua : Lakukan Pada Android Baru

 

1. Pertama pastikan sobat sudah mendownload aplikasi Helium – App Sync and Backup di smartphone android.

 

 

Download Aplikasi Helium – App Sync and Backup via Google Play Store

 

2. Setelah itu silahkan sobat aktifkan fitur aplikasi Helium – App Sync and Backup di android. Setiap android biasanya memiliki cara yang berbeda – beda untuk mengaktifkan fitur aplikasi Helium – App Sync and Backup. Ohiya di perlukan perangkat komputer juga untuk dapat mengaktifkan fitur aplikasi Helium – App Sync and Backup. Jika bingung bisa coba lihat di google caranya.

 

3. Selanjutnya setelah aplikasi sudah siap di gunakan. Bukalah aplikasi tersebut

 

 

Silahkan Masuk ke Menu RESTORE AND SYNC > Sobat pilih lokasi penyimpanan nya tadi misal External SD Card atau Google Drive

 

4. Kemudian silahkan pilih aplikasi yang sudah di backup untuk di restore. Caranya dengan centang pada aplikasi nya

 

 

Jika sudah pilih Restore

 

5. Tunggulah proses restore sampai selesai.

 

Demikian postingan Tipsandroid.ID kali ini mengenai “Cara Memindahkan Aplikasi di Android Lama ke Android Baru Tanpa Takut Kehilangan Data“. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua khususnya pengguna smartphone android. Jika sobat ingin membagikan postingan ini berarti sobat telah membalas jerih payah kami membuat artikel ini. Silahkan Share di sosial media jika bermanfaat atau sobat bisa membaca artikel kami lainnya tentang Cara Mengubah Video Rasio 4:6 ke Rasio 16:9 Dengan Android

Tipsandroid.ID adalah sebuah situs website yang membahas seputar android. Disini sobat dapat menemukan berbagai tips menarik seputar android. Bagi sobat yang serius ingin menjadi penulis di tipsandroid.id silahkan kontak kami.