Cara Benar Menyimpan Data Penting Pada Ponsel Android

TIPSANDROID.ID – Setiap orang pasti mempunyai data penting. Bagi sobat yang memiliki data penting pada smartphone android baik itu lagu, foto, video, atau data penting lainnya. Maka sangat di sarankan bagi sobat membackup beberapa data penting tersebut. Kita ketahui smartphone android itu ibaratkan sebuah tinta dalam pena. Yang dapat saja habis masanya seperti halnya hilang ataupun rusak. Oleh sebab itu untuk mengatasi hal – hal yang tidak di inginkan. Seperti kehilangan data penting pada smartphone android. Hal yang dapat sobat lakukan ialah membackup semua data penting tersebut.

 

Di android sendiri ada banyak cara untuk membackup data penting. Bagi sobat yang ingin membackup data penting , maka sangat beruntung sekali sobat berada disini. Sebab pada postingan kali ini kami akan membahas Cara Aman Membackup Data Penting Pada Smartphone Android. Oiya untuk data yang berada di memori eksternal sebenarnya tidak perlu di back up. Karena kita ketahui jika smartphone android rusak maka yang hilang ada pada memori internal nya bukan pada memori eksternal. Tapi jika sobat ingin membackup nya juga tidak masalah. Sebab jika suatu saat smartphone android milik sobat hilang, maka memori eksternal nya juga ikut hilang. Memori eksternal (kartu memori) hilang maka data pada kartu memori sobat juga ikut hilang. Maka sebenarnya tidak salah jika sobat ingin mengatasi kehilangan data pada smartphone android , cara nya ialah dengan membackup nya. Dan perlu sobat ingat data itu lebih penting di bandingkan smartphone android sobat yang hilang atau rusak tersebut. Maka selamatkan data penting sobat sebelum penyelesaian datang pada akhirnya.

 

Cara Aman Membackup Data Penting Pada Smartphone Android

 

Kembali ke topik utama kita yang akan membahas Cara Aman Membackup Data Penting Pada Smartphone Android. Ya bagi sobat yang ingin membackup data penting pada smartphone android mungkin berikut ini beberapa cara membackup data smartphone android yang dapat sobat lakukan.

 

Cara Pertama : Dengan Menggunakan Aplikasi Google Drive

 

Aplikasi buatan google satu ini dapat kita manfaatkan sebagai layanan penyimpanan data online. Bagi sobat pengguna smartphone android juga dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk menyimpan data secara online. Sehingga data pada smartphone android akan tetap aman sebab sudah sobat backup pada server Google Drive. Jika suatu saat sobat ingin mengambilnya , maka sobat dapat mendownload nya saja. Berikut tahap menyimpan data pada aplikasi Google Drive android.

 

1. Pastikan aplikasi Google Drive sudah terinstall pada smartphone android. Jika belum maka sobat dapat mendownloadnya terlebih dahulu

 

Download Aplikasi Google Drive via Google Play Store

 

2. Setelah aplikasi nya sudah terinstal , langsung saja bukalah aplikasi tersebut. Pastikan sobat sudah mengaitkannya dengan akun google milik sobat.

 

 

Pilih Logo (+)

 

3. Kemudian silahkan sobat pilih Upload dan cari data file yang ingin di simpan

 

 

4. Biasanya Google Drive akan menyimpan data yang sudah sobat upload tadi. Tapi jika muncul seperti gambar di bawah , silahkan sobat ijinkan saja

 

 

 

Cara Kedua : Dengan Menggunakan Aplikasi Dropbox

 

Salah satu aplikasi yang tak kalah dengan Google Drive yakni Dropbox. Dengan Dropbox sobat juga dapat menyimpan data online pada android. Semua file data dapat sobat simpan di aplikasi ini baik itu file musik, foto, video, atau file jenis lainnya. Bagi sobat yang tertarik menyimpan data di Dropbox. Berikut ini cara menyimpan data di aplikasi dropbox android.

 

1. Pertama silahkan download dan install aplikasi Dropbox pada smartphone android.

 

Download Aplikasi Dropbox via Google Play Store

 

2. Setelah aplikasi terinstall , lalu bukalah aplikasi Dropbox tersebut. Silahkan login atau signup terlebih dahulu.

 

3. Untuk menyimpan data ke server Dropbox silahkan sobat pilih icon (+) , dan pilih data yang ingin di simpan

 

 

4. Tunggu proses penyimpan selesai , biasanya tak berapa lama penyimpanan sudah selesai

 

 

Cara Ketiga : Dengan Menggunakan Aplikasi Amazon Drive

 

Amazon Drive merupakan aplikasi penyimpanan data online yang di kembangkan oleh developer raksasa yakni Amazon. Untuk fitur dan layanan pada aplikasi ini sendiri , tidak akan di ragukan lagi. Karena sudah kita ketahui pengembang nya saja sudah sangat terkenal di dunia internet yakni Amazon yang merupakan salah satu layanan internet marketing terbaik. Maka tak heran jika pelayanan aplikasi ini sangat lah baik. Jika sobat tertarik menyimpan data di aplikasi Amazon Drive. Bisa melihat cara nya di bawah ini.

 

1. Silahkan download dan install aplikasi Amazon Drive di smartphone android

 

Download Aplikasi Amazon Drive via Google Play Store

 

2. Setelah aplikasi sudah terinstall , selanjutnya buka lah aplikasi tersebut.

 

 

Silahkan login atau daftar terlebih dahulu

 

3. Setelah sudah berhasil masuk ke halaman beranda Amazon Drive. Pilih icon titik tiga di sudut kanan atas , lalu Upload, dan pilih file yang akan di upload

 

 

4. Penyimpanan akan segera berlangsung. Tunggu sampai proses penyimpanan selesai

 

Cara Keempat : Dengan Menggunakan Aplikasi G Cloud Backup

 

Aplikasi penyimpanan data online berikut nya ialah G Cloud Backup. Sobat dapat membackup seluruh data penting smartphone android sobat di aplikasi G Cloud Backup ini. Aplikasi besutan Genie9 LTD ini memiliki interface yang cukup baik. Tak hanya itu , salah satu kelebihannya juga sobat dapat membackup kontak dan sms. Jadi tak hanya dapat membackup data seperti musik, foto, dan video. Dengan aplikasi ini sobat juga dapat membackup kontak dan sms. Jika tertarik ingin menyimpan data secara online di aplikasi G Cloud Backup , Berikut ini tahap – tahap nya.

 

1. Pastikan aplikasi G Cloud Backup sudah terinstall pada smartphone android. Jika belum silahkan download terlebih dahulu.

 

Download Aplikasi G Cloud Backup via Google Play Store

 

2. Setelah aplikasi nya berhasil terinstall , selanjutnya bukalah aplikasi tersebut.

 

 

Silahkan login atau daftar terlebih dahulu

 

3. Setelah sudah berhasil masuk ke halaman utama , lalu sobat dapat langsung membackup data penting seperti kontak, sms, foto, dan data lainnya.

 

 

 

Cara Kelima : Dengan Menggunakan Aplikasi Box

 

Aplikasi yang terakhir ialah Box , Tak jauh berbeda dengan aplikasi penyimpanan data sejenis lainnya. Aplikasi Box ini juga memiliki fungsi dapat menyimpan file data online. Meskipun penyimpanan data nya hanya sebesar 10 GB. Tapi ini mungkin sudah lumayan cukup bagi kita untuk membackup beberapa data penting pada smartphone android. Berikut tahap – tahap menyimpan data online pada aplikasi Box.

 

1. Pertama pastikan aplikasi nya sudah terinstall pada smartphone android.

 

Download Aplikasi Box via Google Play Store

 

2. Jika aplikasi nya sudah terinstall , selanjutnya bukalah aplikasi tersebut

 

 

Silahkan login atau sign up terlebih dahulu

 

3. Setelah berhasil login , selanjutnya pilih icon (+)

 

 

4. Kemudian pilih Upload Content

 

 

5. Tunggulah proses upload sampai selesai

 

 

Itulah beberapa cara menyimpan data secara online dengan aplikasi android. Sekarang sobat dapat membackup data penting smartphone android sobat untuk jaga – jaga jika smartphone android terdapat masalah. Untuk cara lebih jelasnya lagi , sobat dapat melihat video di bawah ini.

 

Tipsandroid.ID adalah sebuah situs website yang membahas seputar android. Disini sobat dapat menemukan berbagai tips menarik seputar android. Bagi sobat yang serius ingin menjadi penulis di tipsandroid.id silahkan kontak kami.