Cara Ampuh Memperbaiki “Custom Binary Blocked by FRP Lock” di Samsung Galaxy A5 2017

TIPSANDROID.ID – Samsung merupakan salah satu jenis vendor android yang terlaris saat ini. Hampir sebagian para pengguna android di dunia ini pasti menggunakan brand dari samsung. Sebagai salah satu brand android yang terpopuler, tidak heran pengguna android samsung di Indonesia sangat lah banyak. Untuk teknologi yang dimiliki vendor android samsung juga jangan di tanya lagi. Sangat banyak fitur dan teknologi canggih yang hanya terdapat pada android Samsung.

 

Berbicara seputar android samsung kali ini kami akan membagikan Cara Ampuh Memperbaiki “Custom Binary Blocked by FRP Lock” di Samsung Galaxy A5 2017. Bagi sobat para pengguna android Samsung Galaxy A5 2017 yang mengalami permasalahan “Custom Binary Blocked by FRP Lock” Pada Tampilan Mode Download. Maka sobat dapat mengatasi nya dengan cara yang kami berikan di bawah ini.

 

Tapi sebelum kami menampilkan cara nya , terlebih dahulu kami ingin menjelaskan apa itu permasalahan “Custom Binary Blocked by FRP Lock”. Permasalahan “Custom Binary Blocked by FRP Lock” merupakan permasalahan android yang terjadi karena di sebabkan oleh sistem android yang error. Biasanya permasalahan ini terjadi karena pengguna android salah saat menggunakan menu download mode. Baik gagal saat penginstallan file atau hal lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut ini juga kami berikan beberapa penyebab android samsung mengalami permasalahan “Custom Binary Blocked by FRP Lock”.

 

– Gagal Melakukan Root Tanpa Aktifkan OEM/Unlock Bootloader
– Gagal Melakukan Install TWRP
– Gagal Melakukan Custom Pada System
– Smartphone Terkunci, Lupa Akun Google dan Ketika Buka Mode Download Tiba – Tiba Smartphone Terkunci/Custom Binary Blocked by FRP Lock
– Dan Penyebab Lainnya.

 

Itulah beberapa penyebab android samsung mengalami permasalahan “Custom Binary Blocked by FRP Lock”. Jika android sudah mengalami permasalahan seperti ini , maka android tidak dapat di hidupkan kembali. Tapi bagi sobat yang mengalami permasalahan ini. Sobat tidak perlu panik apalagi menangis. Jangan keburu bawa android sobat tersebut ke jasa service android. Sebab sebenarnya sobat sendiri juga dapat mengatasi permasalahannya. Dengan cara di bawah ini sobat dapat mengatasi masalah android “Custom Binary Blocked by FRP Lock”.

 

Cara Ampuh Memperbaiki “Custom Binary Blocked by FRP Lock” di Samsung Galaxy A5 2017

 

 

Cara Pertama : Dengan Melakukan Flashing/Install Ulang Smartphone Samsung via Odin

 

Persyaratan :


– Sediakan Komputer/Laptop Win7,8,10

– Kabel USB Yang Support

– Sediakan Program Odin —> Download DISINI 

– Sediakan Samsung USB Driver —> Download DISINI 

– Sediakan Firmware Sesuai Type Smartphone Samsung Milik Sobat —> Download Firmware DISINI via SAMMOBILE

 


Langkah – Langkah :


Note : Pastikan sobat sudah menginstall program odin, menginstall Samsung USB Driver, dan memiliki Firmware sesuai type Smartphone Android Samsung milik sobat. 

1. Ketika pada tampilan Custom Binary Blocked by FRP Lock pada Download Mode. Maka langsung saja hubungkan Smarthone Android Samsung ke komputer/laptop.

2. Lalu Buka program ODIN nya pada komputer atau laptop.

3. Pada Tampilan program odin coba lihat di ID:COM akan ada tulisan dan angka yg berwarna biru atau kuning. Dan pada bagian Message ada tulisan “Added”, yang berarti Smarthone Android Samsung milik sobat sudah terhubung dan siap untuk di flashing.

4. Selanjutnya silahkan klik pada tombol “AP” dan masukan file firmware Samsung Galaxy. Pastikan file tersebut ber-ekstensi tar.md5

5. Setelah file firmware sudah masuk , Selanjutnya centang pada “Auto Reboot” dan “F.Reset Time”

6. Terakhir klik Start dan Tunggu sampai muncul Box berwarna hijau di atas dengan tulisan PASS! atau RESET! yang menandakan proses Flashing telah selesai dan berhasil. Maka Smarthone Android Samsung milik sobat akan booting. Silahkan tunggu sampai masuk ke sistem , emang agak lama sih.

7. Setelah berhasil masuk ke system, nanti sobat di minta verifikasi akun google. Maka silahkan masukan akun google sobat sebelumnya. Jika sobat sudah lupa akun google yang lama , maka sobat dapat membobolnya dengan cara tertentu.

8. Jika gagal maka Box di atas berwarna merah dan bertulisan FAIL! . Di pastikan ada beberapa kesalahan yang membuat gagal Flashing. Kesalahan tersebut antara lain seperti.

  • Program odin yang sobat gunakan merupakan versi lama, Coba download dan gunakan program odin versi paling terbaru.
  • USB Samsung Driver yang sobat gunakan merupakan versi lama. Coba download dan install USB Samsung Driver yang versi paling terbaru.
  • Firmware yang sobat gunakan merupakan versi terbaru. Jadi pastikan sobat harus menggunakan firmware versi yang paling awal sesuai type Smarthone Android Samsung milik sobat yang ingin di Flashing /Install ulang.
  • Kabel USB yang sobat gunakan tidak mendukung yang membuat Smarthone Android tidak mau terhubung pada komputer/laptop. Jadi saran kami gunakanlah Kabel USB asli bawaan smartphone sobat saat di beli.

 

Cara Kedua : Install ROM Pada Smartphone Android Samsung via Program Samsung Kies 3


Persyaratan : 

– Sediakan Komputer/Laptop Win7,8,10

– Kabel USB Yang Support

– Sediakan Program Samsung Kies 3 —> Download DISINI 

– Sediakan Samsung USB Driver —> Download DISINI 

 

Langkah – Langkah :


Note : Pastikan sobat sudah menginstall program Samsung Kies 3 dan menginstall Samsung USB Driver pada komputer atau laptop. Pastikan juga komputer/Laptop dapat mengakses internet, sebab pemasangan rom lewat program Samsung Kies 3 membutuhkan akses Internet. 

1. Silahkan buka program Samsung Kies 3.

2. Selanjutnya, klik menu “Tools” lalu pilih “Firmware upgrade and Initialisation”

3. Kemudian silahkan sobat isi atau masukan model number pada kolom sesuai data pada Smarthone Android Samsung milik sobat.

– Untuk S/N biasanya berada pada bagian belakang Smartphone.  Intinya cari aja tulisan yang ada S/N nya.

– Untuk Model name bisa lihat pada bagian belakang body. Misalnya Samsung Galaxy a5 2016 isi SM-A510FD, Samsung Galaxy A3 2016  sobat isi SM-A310F, Samsung Galaxy J2 2016 sobat isi SM-J210F, dan lainnya.

4. Jika sudah di isi lalu klik saja Ok, Selanjutnya akan ada sebuah pop-up di layar komputer/laptop yang meminta agar sobat menghubungkan Smarthone Android Samsung ke komputer/laptop.

5. Karena smartphone sobat terkunci/Custom Binary Blocked by FRP Lock. Biasanya hanya tampil Mode Download dan tidak bisa di apa-apain. Maka langsung saja sobat hubungkan Smarthone Android Samsung milik sobat ke komputer/laptop dengan kabel usb.

6. Setelah Smarthone Android Samsung sudah terhubung dengan baik di komputer/laptop. Maka secara otomatis tombol “Start Upgrade” akan aktif pada program Samsung Kies 3. Langsung saja klik tombol tersebut , maka proses pemasangan rom akan berlangsung. Tunggu sampai prosesnya selesai. Proses cepat atau lamanya pemasangan rom tergantung dari kecepatan akses internet komputer/laptop yang sobat gunakan.

7. Apabila proses pemasangan rom sudah selesai dan berhasil, maka Smarthone Android Samsung akan booting dan mencoba masuk ke System. Jika ada akun google di dalamnya biasanya sobat juga akan di minta verifikasi akun google. Silahkan masukan akun google sobat sebelumnya. Jika sobat sudah lupa akun google yang lama , maka sobat dapat membobolnya dengan cara tertentu.

8. Jika melakukan kesalahan maka prosesnya akan failed dan Smarthone Android tidak akan booting dan masuk ke System. Kesalahan tersebut antara lain seperti.

  • Program Samsung Kies 3 yang sobat gunakan merupakan versi lama, Coba download dan gunakan program Samsung Kies 3 versi paling terbaru.
  • USB Samsung Driver yang sobat gunakan merupakan versi lama. Coba download dan install USB Samsung Driver yang versi paling terbaru.
  • Kabel USB yang sobat gunakan tidak mendukung dan membuat Smarthone Android tidak mau terhubbung pada komputer/laptop.
  • Koneksi internet pada komputer/laptop sobat disconnect, atau koneksi internet terputus, dan tidak stabil.

 

Saran Agar Custom Binary Tidak Terkunci/Terblokir Oleh FRP

  • Aktifkan mode “OEM Unlock” atau unlock bootloader terlebih dahulu sebelum melakukan root, Install twrp, atau sebagainya. Caranya ?
  • Masuk ke menu Settings, geser ke bawah dan temukan “Developer Option”. Jika menu ini tidak ada, silahkan ikuti langkah berikut ini.
  • Masuk ke Settings/Pengaturan, lalu geser ke paling bawah dan pilih “About device/Tentang ponsel”
  • Geser lagi kebawah dan tap pada “Software Info” —> tap pada “Build Number” sebanyak 5 sampai 7 kali muncul notifikasi yang mengatakan bahwa Developer Option sudah aktif.
  • Kemudian back, Cari dan buka Developer Option yang berada di bagian bawah menu Settings
  • Setelah sudah berada pada Developer Option , Silahkan langsung saja aktifkan “OEM Unlock”.
  • Dengan mengaktifkan fitur OEM Unlock ini. Maka permasalahan Custom Binary Blocked by FRP Lock” Pada Tampilan Mode Download Smarthone Android Samsung tidak pernah lagi terjadi.

 

Demikian postingan Tipsandroid.ID kali ini mengenai “Cara Ampuh Memperbaiki “Custom Binary Blocked by FRP Lock” di Samsung Galaxy A5 2017“. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua khususnya pengguna smartphone android. Jika sobat ingin membagikan postingan ini berarti sobat telah membalas jerih payah kami membuat artikel ini. Silahkan Share di sosial media jika bermanfaat atau sobat bisa membaca artikel kami lainnya tentang Aplikasi Penghasil Dollar Terbaik Untuk Android

Tipsandroid.ID adalah sebuah situs website yang membahas seputar android. Disini sobat dapat menemukan berbagai tips menarik seputar android. Bagi sobat yang serius ingin menjadi penulis di tipsandroid.id silahkan kontak kami.