Aplikasi Android Serupa Seperti CMD/Command Prompt di PC

TIPSANDROID.ID – Bagi sobat pengguna pc atau windows, pasti nya sudah tidak asing dengan program cmd/command prompt. Command prompt atau cmd adalah tool command line interface di windows, yang memungkinkan pengguna windows untuk menjalankan berbagai perintah dan tool yang bahkan tidak tersedia di gui windows. Dengan menggunakan command prompt (cmd), maka pengguna windows dapat menjalankan beberapa perintah yang ada di windows. Seperti perintah mengaktifkan koneksi wifi, membuat hotspot wifi, menyembunyikan drive partisi, menyembunyikan folder, memastikan data terhapus, backup otomatis, membuat folder yang tidak bisa dihapus, dan masih banyak lagi.

 

Seperti judul topik artikel kita di atas , kali ini kami akan membagikan Aplikasi Android Serupa Seperti CMD/Command Prompt di PC. Jika di windows pc ada suatu program yang dapat menjalankan beberapa perintah sistem. Maka di android juga ada aplikasi yang dapat menjalankan beberapa perintah sistem android. Aplikasi android tersebut bernama Terminal Emulator. Aplikasi ini dapat kita download melalui layanan google play store android. Dengan aplikasi ini kita dapat menjalankan beberapa perintah sistem android hanya dengan mengetik perintah di aplikasi Terminal Emulator. Jika sobat penasaran apa saja ketikan perintah yang ada di terminal emulator. Silahkan simak beberapa perintah terminal emulator android di bawah ini !!

 

Aplikasi Android Serupa Seperti CMDCommand Prompt di PC 1

Aplikasi Android Serupa Seperti CMDCommand Prompt di PC 1

1. Mengecek kondisi root sebuah android

 

Dengan menuliskan perintah su maka kamu langsung dapat mengetahui bahwa perangkat android tersebut sudah di root atau tidak. Ketika kita menuliskan su kemudian enter maka kita lihat di situ ada notifikasi atau tidak, jika ada pilih allow saja kemudian lihat hasilnya jika simbol $ berubah menjadi # maka perangkat android tersebut sudah di root.

 

2. Mempercepat koneksi internet di android

 

Hanya dengan mengetikan ping 8.8.8.8 yang berarti kita melakukan ping ke ip google dapat mempercepat koneksi internet kita di android. Kita ketahui android merupakan anak buah oleh google. Oleh sebab itu mungkin saja dengan melakukan ping ke google, dapat mempercepat koneksi internet kita yang lelet. Yang perlu di perhatikan ialah ketika kita selesai melakukan ping ialah tidak boleh menutup aplikasi terminal emulator tersebut. Kita dapat keluar dengan cara menekan tombol home atau minimize.

 

3. Mematikan dan restart perangkat android

 

Ketik reboot -t untuk mematikan perangkat android tersebut. Dan ketik reboot untuk restart android.

 

4. Untuk Masuk ke Recovery Mode (CWM)

 

Dengan mengetik perintah reboot recovery dan enter maka sobat dapat pergi ke recovery mode tanpa harus mematikan android terlebih dahulu.

 

5. Menghapus file di android

 

*Ketik cd lain enter
*Ketik cd storage/sdcard0 lalu enter
*Ketik ls lalu enter
*Sebagai contoh saya ingin menghapus tipsandroid.apk , Ketik perintah busybox rm tipsandroid.apk lalu enter

 

6. Memindahkan file

 

*Ketik cd lalu enter
*Ketik cd storage/sdcard0 lalu enter
*Ketik ls lalu enter
*Sebagai contoh saya akan memindahkan file tipsandroid.apk ke folder download. Ketik busybox mv tipsandroid.apk download lalu enter.

 

7. Menyalin file

 

*Ketik cd lalu enter
*Ketik cd storage/sdcard0 lalu enter
*Ketik ls lalu enter
*Sebagai contoh saya akan menyalin tipsandroid.apk ke folder download. Ketik busybox cp tipsandroid.apk download lalu enter.

8. Memeriksa informasi permision

 

Untuk memeriksa informasi permision kita dapat menulis perintah pm kemudian enter.

 

9. Membuka directory dan menampilkan isi direktori

 

Berikut ini perintahnya
*Ketik cd lalu enter
*Ketik cd storage/sdcard0 lalu tekan enter
*Ketik ls lalu tekan enter

 

10. Membaca USB Flashdisk OTG / Cara eject Flashdisk menggunakan terminal emulator

 

Ketika berhasil mencolok OTG ke android kemudian buka terminal emulator dan jangan lupa di dahului mengketik perintah su. Jika muncul sda/sda1/sdb/sdb1 itu berarti terminal emulator sudah membaca flashdisk otg sobat, namun untuk flashdisk adalah sda1
Langkah keempat ketik mount -t vfat /dev/block/sda1 /udisk lalu enter amati prosesnya, sobat juga bisa membuat folder dulu misal sdcard/FD
Terakhir lihat di file manger xplore dan flashdisk sobat terbaca.

 

11. Mengecek swap ram berhasil atau tidak

 

Swap ram merupakan cara untuk menambah ukuran ram android kita. Fungsinya tidak lebih untuk meningkatkan kinerja perangkat android. Karena kita ketahui semakin besar jumlah ram maka semakin cepat kinerja android kita. Untuk mengecek swap ram berhasil atau tidak kita dapat mengetikan free lalu enter. Amati swap ram sobat apabila berjalan maka swap akan sesuai dengan ukuran swap android sobat,namun jika tidak akan muncul angka 0

 

12. Menginstall / memasang aplikasi atau game melalui terminal emulator

 

*Ketik cd storage lalu enter
*Ketik ls lalu enter ( pilih lokasi penyimpanan karena saya akan menginstall aplikasi di kartu memori maka saya ketikan extSdCard)

 

Selanjutnya
*Ketik cd extSdCard lalu enter
*Ketik ls lalu enter ( karena saya ingin menyimpan aplikasi di folder games maka saya ketik games)

 

Selanjutnya
*Ketik cd games lalu enter
*Ketik ls lalu enter ( pada langkah selanjutnya saya akan menginstall aplikasi games chessfree.apk maka saya ketik chessfree.apk)

 

Selanjutnya
*Ketik pm install chessfree.apk lalu enter
*Jika proses installasi berhasil maka akan muncul notifikasi succes.

 

Itulah beberapa fungsi/perintah yang ada di aplikasi Terminal Emulator android. Masih banyak lagi perintah – perintah yang ada di terminal emulator android. Perlu sobat ketahui bahwa semua perintah di atas hanya dapat berfungsi pada smartphone android yang sudah di root. Untuk perintah – perintah terminal emulator lainnya. Mungkin sobat dapat cari di internet atau sobat dapat menunggu sebab pada postingan berikut nya kami juga akan memberikannya.

 

Demikian postingan Tipsandroid.ID kali ini mengenai “Aplikasi Android Serupa Seperti CMD/Command Prompt di PC“. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua khususnya pengguna smartphone android. Jika sobat ingin membagikan postingan ini berarti sobat telah membalas jerih payah kami membuat artikel ini. Silahkan Share di sosial media jika bermanfaat atau sobat bisa membaca artikel kami lainnya tentang Cara Mengatasi Tantan Tidak Menampilkan Foto di Android