Apa Fungsi Update Aplikasi di Smartphone Android ??

TIPSANDROID.ID – Banyak sekali para pengguna smartphone android yang bertanya – tanya. Apa fungsi update aplikasi di smartphone android ?? Oke baik lah seperti judul postingan kita di atas, kali ini kami akan membahas tentang Apa Fungsi Update Aplikasi di Smartphone Android ??

 

Update aplikasi di android merupakan sebuah fitur yang sering muncul pada android. Update aplikasi di android terbagi menjadi 2 jenis yakni update aplikasi otomatis dan update aplikasi manual. Update aplikasi otomatis berarti setiap saat aplikasi akan di update secara otomatis jika kita telah terhubung ke internet. Sedangkan update aplikasi manual adalah update aplikasi sesuai perintah pengguna android.

 

Sebagai pengguna android sobat dapat cek di pengaturan aplikasi play store android. Apakah android sobat menggunakan fitur update aplikasi otomatis atau update aplikasi manual. Saran kami sobat nonaktifkan saja fitur update aplikasi otomatis. Sebab update aplikasi di android banyak menyebabkan kerugian bagi android. Meskipun demikian update aplikasi di android juga memiliki dampak positif pada android. Untuk lebih jelas nya sobat dapat simak pembahasan berikut ini.

 

Apa Fungsi Update Aplikasi di Smartphone Android ??

 

Apa Fungsi Update Aplikasi di Smartphone Android 1

Apa Fungsi Update Aplikasi di Smartphone Android 1

 

Pertama kami akan menjelaskan apa sih fungsi dan kelebihan update aplikasi di android. Salah satu fungsi dan kelebihan utama update aplikasi ialah untuk menghilangkan bugs atau error pada aplikasi versi sebelumnya. Jadi jika aplikasi versi sebelumnya banyak bermasalah atau error maka sobat dapat update aplikasi tersebut jika sudah tersedia versi terbaru. Sebab biasanya aplikasi versi terbaru akan lebih bagus dan masalah error pada versi sebelumnya akan hilang.

 

Nah setelah kami sudah menjelaskan tentang fungsi dan kelebihan update aplikasi di android. Sekarang kami akan menjelaskan apa kerugian jika update aplikasi di android. Seperti sudah kami sampaikan tadi bahwa update aplikasi android menyebabkan banyak kerugian bagi smartphone android. Apa saja kerugian tersebut ?? Silahkan simak di bawah ini !!

 

Kerugian Update Aplikasi di Smartphone Android

 

#1. Boros Kuota Internet Android

 

Apa Fungsi Update Aplikasi di Smartphone Android 2

Apa Fungsi Update Aplikasi di Smartphone Android 2

 

Kerugian pertama jika kita update aplikasi di android ialah boros kuota internet. Yup jika kita sering update aplikasi di android, Bisa – bisa kuota internet android kita cepat habis. Bayangkan saja jika setiap 1 aplikasi yang kita update membutuhkan 30 MB Kuota Internet. Maka setiap 10 aplikasi yang kita update sudah menghabiskan 300 MB kuota internet. Oleh sebab itu jika sobat ingin hemat kuota internet di android. Maka sobat jangan melakukan update aplikasi di android. Silahkan update aplikasi seperlunya saja , sebab ada sebagian aplikasi yang wajib di update untuk dapat di gunakan.

 

#2. Boros Penyimpanan Android

 

Apa Fungsi Update Aplikasi di Smartphone Android 3

Apa Fungsi Update Aplikasi di Smartphone Android 3

 

Selain dapat membuat boros kuota internet. Dengan update aplikasi di android juga dapat memboroskan penyimpanan di android. Hal ini di karenakan setiap aplikasi diupdate, maka ukuran file aplikasi nya akan bertambah. Sehingga dapat memboroskan penyimpanan di android. Sebagai contoh sobat menggunakan instagram versi 72 dengan ukuran file aplikasi 76 MB. Kemudian sobat melakukan update aplikasi Instagram ke versi 73. Maka ukuran file aplikasi nya juga akan ikut bertambah menjadi 100 MB. Untuk smartphone android dengan penyimpanan yang besar sebenarnya tidak ada masalah. Namun bagaimana jika smartphone android kita mempunyai ruang penyimpanan yang kecil. Pasti bisa menjadi masalah yang besar bagi kita. Maka dari itu jika sobat ingin hemat penyimpanan di android. Jangan sering – sering melakukan update aplikasi di android.

 

Kesimpulan :

 

Silahkan update aplikasi di android seperlunya saja. Jika ada beberapa aplikasi yang memang wajib di update. Maka sobat dapat mengupdate nya, tapi jika aplikasi tidak ada masalah error dan masih bisa digunakan. Maka sobat tidak perlu mengupdate aplikasi tersebut. Seperti sudah kami sebutkan tadi, dengan update aplikasi di android dapat menyebabkan kerugian pada android. Untuk itu sobat wajib menonaktifkan fitur update aplikasi otomatis di play store android. Sehingga aplikasi tidak akan di update secara otomatis selain sobat sendiri yang melakukannya.

 

Demikian postingan Tipsandroid.ID kali ini mengenai “Apa Fungsi Update Aplikasi di Smartphone Android ??“. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua khususnya pengguna smartphone android. Jika sobat ingin membagikan postingan ini berarti sobat telah membalas jerih payah kami membuat artikel ini. Silahkan Share di sosial media jika bermanfaat atau sobat bisa membaca artikel kami lainnya tentang Jangan Panik !! Masa Aktif Simpati Loop Tidak Bertambah